•  142 dibaca
  •  10 diunduh
  • Koleksi Banyuwangi

Buku Panduan Aplikasi Dispusip Mobile

DISPUSIPBWI Mobile Android merupakan sebuah aplikasi Perpustakaan Daerah yang berbasis mobile aplikasi yang dimana terdapat fitur INLISLite. INLISLite (Integrated Library System Lite) Mobile merupakan bentuk open source yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berbasis web yang digunakan dalam membangun sistem otomatis perpustakaan INLISLite dapat berjalan dalam kondisi tidak terhubung oleh jaringan internet dan bisa terhubung internet.

Dengan adanya INLISLite pemustaka mempercepat dari segi pekerjaan dan maupun buat pemustaka dalam pencarian informasi. Dalam bentuk website maka pemustaka dapat mengakses kapan pun dan dimana pun berada. yang dimana penerapan sistem perpustakaan akan di upgrade versi android. Perangkat mobile berbasis android saat ini sangat dibutuhkan sebagai media informasi tentang koleksi yang ada di perpustakaan. Fitur yang tersedia di Aplikasi DISPUSIPBWI Mobile yaitu Native Android pemustaka terdapat beberapa menu diantaranya Kartu Anggota Virtual (Barcode & QRCode), Pencarian Katalog (OPAC), Pemesanan Buku (Reservasi), e-Book, BUDIWANGI (Buku Digital Warga Banyuwangi), Berita Kabupaten, Berita Dispusip, Riwayat Transaksi, Usulan Buku, Pinjam Kolektif, LareOsing (Layanan Referensi Online Singkat), KliK (Klinik Kepustakawanan), Kunjungan, Judul Populer, Log-in. Dan fitur menu lainnya.

Pengguna android semakin pesat karena disebabkan perkembangan teknologi telekomunikasi yang pengguna banyak melakukan interaksi melalui teknologi ini yang lebih mudah dalam membutuhkan informasi. Hampir setiap orang memiliki smartphone dan selalu dibawa kemana sehingga dalam pengembangan android yang dikhususkan pada pengguna menjadi sangat penting karena pengguna selalu berhadapan dengan smartphone.